Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaranProgram Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP PGRI MADIUN (Programme Learning Outcomes – PLO), sesuai dengan profil lulusan dan jenjang KKNI level 8 terdiri atas sikap, pengetahuan, keterampilan (khusus dan umum). Adapun rincian capaian pembelajaran yang diharapkan yaitu :
1. | Sikap | ||
a. | Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | ||
b. | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | ||
c. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila; | ||
d. | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; | ||
e. | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain; | ||
f. | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
g. | Menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
h. | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
i. | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | ||
j. | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan. | ||
2. | Penguasaan Pengetahuan | ||
a. | Menguasai filsafat ilmu, teori ilmu-ilmu sosial, teori belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip PIPS, dan metodologi penelitian. | ||
b. | Menguasai, kosep pengembangan kurikulum, perencanaan pembelajaran, model pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran IPS. | ||
c. | Menguasai konsep kebijakan pengembangan IPS dan pembelajarannya. | ||
d. | Menguasai konsep pemecahan masalah sosial, pemberdayaan masyarakat, dan kewirausahaan sosial. | ||
3. | Keterampilan | ||
a. | Keterampilan umum | ||
1) | Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam bidang ilmu pengetahuan sosial melalui penelitian, penciptaan kreatif tulisan, dan menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kerjanya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis; | ||
2) | Mampu mengkomunikasikan hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan didasarkan pada etika akademik melalui media (jurnal ilmiah) kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; | ||
3) | Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan sosial, teknologi, dan seni berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; | ||
4) | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk menjamin kesahihan dan menghindarkan plagiasi; | ||
5) | Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; | ||
6) | Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian ilmu pengetahuan sosial; | ||
7) | Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitian pendidikan ilmu pengetahuan sosial dan masalah sosial-kemasyarakatan ke dalam suatu peta jalan penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner. | ||
b. | Keterampilan Khusus | ||
1) | Mampu mengembangkan IPS dan pembelajarannya melalui riset sebagai pengejawantahan kompetensi beradaptasi dengan lingkungan guna menghasilkan karya inovatif, kreatif, menarik dan teruji; | ||
2) | Mampu memecahkan permasalahan sosial, IPS dan pembelajarannya melalui pendekatan interdisipliner dalam bentuk laporan penelitian; | ||
3) | Mampu mengelola dan mengembangkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan nasional; | ||
4) | Mampu menganalisis dan pendalaman terhadap teori, konsep, dan model pembelajaran ilmu pengetahuan sosial; | ||
5) | Mampu menghasilkan desain atau model pembelajaran ilmu pengetahuan sosial yang baru, kreatif, inovatif, dan teruji; | ||
6) | Mampu merencanakan pemetaan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan sosial dan masalah sosial-kemasyarakatan dengan pendekatan interdisipliner maupun multidisipliner; | ||
7) | Mampu melakukan pengkajian terhadap kebijakan atau implementasi kebijakan di bidang pendidikan ilmu pengetahuan sosial dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner; | ||
8) | Mampu memotivasi kewirausahaan sosial peserta didik dan masyarakat luas. |